Kota Cimahi Ku Yang Damai

Kota Cimahi  terletak di sebelah barat Kota Bandung. Cimahi dahulu merupakan bagian dari Kabupaten Bandung, yang kemudian ditetapkan sebagai kota administratif pada tanggal 29 Januari 1976. Pada tanggal 21 Juni 2001, Cimahi ditetapkan sebagai kota otonom.

Sudah hampir 18 tahun saya berada di kota kecil yang bernama Cimahi yang berarti “Air Yang Cukup” , sejak kepindahan dari Kota Bontang – Kalimantan Timur tahun 1995, saya langsung jatuh cinta pada kota yang berjulukan ” Kota Tentara ” mengapa di sebut kota tentara? karena di Kota Cimahi ini banyak sekali pusat pendidikan untuk tentara di antara nya  :

  • Pusat Pendidikan Artileri Medan (Pusdikarmed)
  • Pusat Pendidikan Pengetahuan Militer Umum (Pusdikpengmilum)
  • Sekolah Pelatih Infanteri Pusat Pendidikan Infanteri (SPI Pusdikif)
  • Pusat Pendidikan Jasmani (Pusdikjas)
  • Pusat Pendidikan Peralatan (Pusdikpal)
  • Pusat Pendidikan Pembekalan Angkutan (Pusdikbekang)
  • Pusat Pendidikan Polisi Militer (Pusdikpom)
  • Pusat Pendidikan Perhubungan (Pusdikhub)

Menurut Sejarah nya kota cimahi sudah dikenal sejak tahun 1811 oleh Gubernur Jenderal Willem Daendels membuat jalan raya Anyer – Panarukan dengan dibuatnya pos penjagaan di alun – alun cimahi sekarang. Tahun 1874 – 1893 dilaksanakan pembuatan jalur rel kereta api Bandung – Cianjur sekaligus dibuatnya Stasiun Cimahi. Jika anda berkunjung ke Kota Cimahi pasti anda akan berpatokan pada rumah sakit yang dibuat sejak zaman belanda 1886 yaitu Rumah Sakit Dustira yang lokasinya tidak berjauhan dengan Stasiun Kereta Api Cimahi. Sekitar 60 % wilayah Kota Cimahi digunakan oleh TNI-AD. Ini menjadi sebuah keuntungan bagi keamanan dan kenyamanan Kota Cimahi yang kondusif.

Tentang kebersihan kota, penduduk cimahi sudah sangat pintar dan tak lepas dari dukungan pemerintah untuk memperhatikan kebersihan, kesehatan dan pendidikan. Cimahi mempunyai motto “Saluyu Ngawangun Jati Mandiri ” yang artinya Saluyu Ngawangun Jati Mandiri , yang artinya memiliki pengertian berjalan harmonis serasi dengan selaras, bahu membahu dalam membangun citra diri yang mandiri dalam kemajuan.

Sumber yang saya dapat :

http://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Cimahi

http://www.depdagri.go.id/pages/profil-daerah/kabupaten/id/32/name/jawa-barat/detail/3277/kota-cimahi

http://www.jabarprov.go.id/index.php/subMenu/936

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s